Jumat, 04 November 2011

3 Golongan Orang Paling Menyesal di Hari Kiamat

Sekelumit kisah Sufyan bin 'Uyainah ...


Beliau adalah salah seorang Tabi’ut Tabi’in (Murid Tabi’in / Pengikut Tabi’in). Orang alim ini lahir pada tahun 107 H pada pertengahan bulan Syawal sedang beliu meninggal pada hari Sabtu, 1 Rajab 198 atau berumur 91 tahun.

Nasab lengkapnya : Sufyan bin ‘Uyainah bin Abi ‘Imran al Kufi

Beliau lebih dikenal dengan Abu Muhammad , bapaknya Muhammad (anaknya). Beliau sempat bertemu dengan 87 tabi’in dan bisa mendengar hadits dari 70 orang diantara mereka.
Ayah beliau adalah seorang pegawai pada masa Khalid bin Abdillah al Qasri.

Dibawah ini adalah sedikit dari kata-kata beliau yang sangat terkenal, semoga bisa untuk bahan renungan kita . Ada tiga golongan orang yang paling menyesal pada hari kiamat : 

  • (1) orang yang memiliki budak ketika di dunia, ternyata pada hari kiamat budak tersebut memiliki prestasi amal yang lebih baik darinya, 
  • (2) orang yang mempunyai harta tetapi tidak mau bersedekah dengannya sampai ia meninggal dunia, kemudian harta tersebut diwarisi oleh orang yang memanfaatkan harta tersebut untuk bersedekah di jalan Allah,
  • (3) orang yang mempunyai ilmu tetapi ia tidak mau mengambil manfaat dari ilmunya, lalu ilmu tersebut diketahui oleh orang lain yang mampu mengambil manfaat darinya.



Semoga bermanfaat ... silahkan di share ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar