Selasa, 08 November 2011

Tipudaya Setan Sampai Kapanpun


Tak satupun manusia yang lepas dari gangguan syetan, sesuai namanya yang berarti sesuatu yang sangat jauh. Syetan selalu menggoda manusia dari tempat yang sangat jauh (tidak terlihat) dan selalu mengajak manusia untuk menjauhi kebaikan. Karena sudah menjadi komitmen syetan untuk mengganggu dan menggoda anak cucu Adam AS hingga akhir jaman.


Tipudaya syetan selalu datang kapan saja, dari mana saja bahkan sampai kita menjelang ajal. Oleh karena itu kita tidak boleh terlena dengan tipudayanya yang sangat menggiurkan. 

Ada 7 macam STRATEGI tipu daya syetan yang perlu kita ketahui :

  • 1.      ALJAHLU, kita digoda untuk malas belajar tentang Al-Quran dan Hadits. Dan syetan mengalihkannya agar kita senang belajar selainnya, syetan terus berjuang keras jangan sampai kita masuk duduk di majelis ilmu. Sampai-sampai kita jangan sampai dekat-dekat dengan orang alim (ulama). Nah teman-teman sekalian hati-hati kalau kita sudah mulai malas belajar agama.

  • 2.  ADDO’FU, kalaupun kita sudah lolos dari tipudaya Aljahlu tadi dan kita sudah belajar dan tahu. Syetan masih terus berusaha agar kita tidak bisa paham apalagi sampai menghayatinya. Sering kan kita merasakan hal seperti ini.

  • 3.ALKASLU, mungkin kita masih bisa lolos dan kita bisa memahami ilmu yang kita dapat. Disini syetan tidak akan tinggal diam, mereka terus berusaha menggoda kita agar kita tidak mengamalkannya.

  • 4. AHYANAN, kalaupun kita sudah mengamalkannya ilmu yang kita dapat tadi. Dia terus berusaha menggoda agar kita tidak sungguh-sungguh dalam mengamalkan ilmu tadi, apalagi sampai kita istiqomah. Sampai akhirnya kita putus asa dan akhirnya futur.

  • 5. ANANIYYAN, mungkin kita sudah bisa mengamalkan ilmu dengan sungguh-sungguh bahkan sampai istiqomah. Syetan masih belum putus asa dalam menggoda kita dan jangan sampai kita mendakwahkan ilmu tadi.

  • 6. ASTSTUDA, setelah kita bisa lolos dari tipudaya Ananiyyan tadi dan kita sudah berusaha mendakwahkannya. Syetan masih belum puas cukup sampai disini, akhirnya kitapun digoda untuk melakukannya jangan sampai ikhlas dalam melakukan dakwah tadi.

  • 7. ASSU’U, kalaupun kita sudah bisa ikhlas dalam berdakwah disini syetan masih tidak tinggal diam. Dia terus berusaha menggoda kita jangan sampai kita wafat dengan khusnul khotimah.


Surat Al-A’raf ayat 16 & 17 , sebagai rujukannya :
Iblis menjawab : “ Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus”. (Al-A’raf : 16)
Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (ta’at). (Al-A’raf : 17)

Begitulah sahabat selama kita masih hidup, selama nafas masih berhembus. Syetan tidak henti-hentinya menggoda terus sampai skakratul maut.
Untuk itu kita perlu waspada oleh tipudaya syetan, kita harus selalu memohon kepada Allah agar selalu dijauhkan dari godaan syetan yang terkutuk.





Semoga bermanfaat ...
Silahkan di SHARE , kalau artikel ini baik untuk dibagikan ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar